RPP Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas 1 MI Lengkap

RPP Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas 1 MI Lengkap

RPP Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas 1 MI Lengkap - Pembelajaran adalah proses yang identik dengan kegiatan mengajar yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik agar terjadi kegiatan belajar. Menurut Baharuddin menjelaskan bahwa pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
RPP Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas 1 MI Lengkap
RPP Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas 1 MI Lengkap
Proses pembelajaran sebagai proses implementasi kurikulum, menuntut peran guru untuk mengartikulasikan kurikulum atau bahan ajar serta mengembangkan dan mengimplementasikan program-program pembelajaran dalam suatu tindakan yang akurat. proses pembelajaran dipandang sebagai proses membantu peserta didik belajar, membantu peserta didik mengembangkan dan mengubah perilaku (pengetahuan, afektif, dan psikomotor), proses membantu peserta didik merangkai gagasan, sikap, pengetahuan, apresiasi, dan ketrampilan. Guru terlibat secara mendalam dalam proses ini.

Dengan demikian pembelajaran bahasa Arab dapat di definisikan sebagai upaya membelajarkan siswa untuk belajar bahasa Arab dengan guru sebagai fasilitator dengan mengorganisasikan berbagai unsur agar memperoleh tujuan yang ingin dicapai. 
Dalam pembelajaran bahasa arab hendaknya mengacu pada upaya membina dan mengembangkan keempat segi kemampuan bahasa yaitu kemampuan menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qiraah), dan menulis (kitabah). Agar peserta didik mampu memahami bahasa dengan baik melalui pendengaran maupun tulisan dan mampu mengutarakan pikiran dan perasaan. 
Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah
Baca juga: RPP Mata Pelajaran Fikih Kelas 1 MI
Penguasaan Bahasa Arab dapat diperoleh dari berbagai program, salah satu diantaranya yaitu program pembelajaran bahasa Arab di madrasah ibtidaiyah. Penguasaan bahasa asing, seperti bahasa Arab bagi agama bangsa tertentu yang berpendudukan mayoritas agama islam, misalnya Indonesia merupakan sebuah kebutuhan yang sangat penting karena  yang menjadi pedoman hidup oleh umat muslim adalah Al-Qur’an dan Hadist, dan keduanya menggunakan bahasa arab. Oleh karena itu, untuk memudahkan proses transfer ilmu yang bersumber dari AL-Qur’an dan Hadist kita harus mempelajari bahasa Arab.
Baca juga: RPP Mata Pelajaran Alqur'an dan Hadist Kelas 1 MI
Selain itu juga untuk mengembangkan aspek sosial budaya antara masyarakat dunia, terutama penggunaan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi, penguasaan bahasa Arab merupakan persyaratan penting bagi keberhasilan individu dalam menjawab tantangan zaman pada tingkat global. Dalam peraturan menteri Agama RI Nomor 2 tahun 2008 tentang standar kompetensi pembelajaran bahasa arab di madrasah, tujuan pembelajaran bahasa Arab adalah:
  1. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab , baik lisan maupun tulisan yang mencakup empat kecakapan berbahasa yaitu menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qiraah), dan menulis (kitabah).
  2. Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar khususnya mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.
  3. Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian peserta didik diharapkan memiliki wawasan lintas udaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya. 


Problematika pembelajaran bahasa arab di pengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu : 

1. Bahasa peserta didik
Bahasa peserta didik adalah salah satu gejala yang banyak diamati oleh para peneliti untuk melihat pemerolehan bahasa asing. Salah satu gejala dari bahasa peserta didik misalnya adalah kesalahan. Dengan mengamati kesalahan yang ada dapat dilihat proses pemerolehan bahasa seseorang sehingga dapat ditentukan pendekatan atau strategi yang tepat yang dapat digunakan.

2. Faktor internal dari peserta didik
Faktor internal peserta didik yaitu ketertarikan atau motivasi peserta didik untuk belajar bahasa asing

3. Faktor Eksternal peserta didik
Faktor di luar peserta didik misalnya adalah faktor lingkungan dan interaksi. Kedua faktor ini sangat mempengaruhi proses pemerolehan bahasa asing, jika lingkungan dan interaksi peserta didik kurang baik maka hal tersebut akan mempengaruhi dalam proses pemerolehan bahasa asing.

4. Peserta didik sebagai individu
Faktor lain yang tidak kalah pentingnya adalah peserta didik itu sendiri sebagai individu. Setiap peserta didik mempunyai perbedaan dengan peserta didik lain. Setiap peserta didik mempunyai cara atau strategi belajar yang berbeda-beda untuk menerima atau memahami suatu pembelajaran.

Selain problematika-problematika diatas, ada permasalahan yang sangat penting yaitu sistem pendidikan yang masih kurang memadai yang ada di Indonesia. Dunia pembelajaran bahasa di Indonesia masih mengalami permasalahan serius yang memerlukan penangan dan  pembenahan yang sungguh-sungguh. Hasil penelitian Haris (2001) menyimpulkan bahwa lebih dari 75% guru bahasa Arab di sekolah-sekolah penyelenggara mata pelajaran bahasa Arab baik sekolah umum maupun sekolah berbasis agama belum memiliki standar ideal sebagai guru bahasa Arab. 

Problematika yang diakibatkan oleh guru muncul karena lemahnya kompetensi gurudalam pembelajaran bahasa arab dan terbatasnya jumlah guru yang memiliki kompetensi berbahasa Arab secara memadai. Di samping itu juga karena terbatasnya jumlah guru yang memiliki kompetensi akademis sebagai guru bahasa Arab.

Terlebih di dalam pelaksanaan pembelajaran di Madrasah guru mata pelajaran Bahasa arab juga masih di ajarkan oleh salah satu guru kelas, sehingga akan mendapatkan hasil kurang maksimal. Sedikit pembahasan tentang administrasi mata pelajaran Bahasa Arab berikut ini kami persiapkan administrasi terutama RPP Mata Pelajaran Bahasa Arab untuk kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah dan telah kami siapkan pada menu berikut ini:

Demikian sekilas penjelasan tentang RPP Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas 1 MI Lengkap semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

Post a Comment for "RPP Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas 1 MI Lengkap"