Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Al-Qur'an dan Hadist Kelas 1 Kurikulum 2013

RPP Al-Qur'an dan Hadist Kelas 1 Kurikulum 2013

RPP Al-Qur'an dan Hadist Kelas 1 Kurikulum 2013 - Mata Pelajaran Pendidikan agama mengembangkan kemampuan siswa untuk memperteguh iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia / berbudi pekerti yang luhur serta dapat menghormati penganut agama lainnya. 

Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits termasuk di dalam rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang mana tujuan dan fungsi mata pelajaran Al-Qur’an Hadits tidak jauh dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 
RPP Al-Qur'an dan Hadist Kelas 1 Kurikulum 2013
RPP Al-Qur'an dan Hadist Kelas 1 Kurikulum 2013
Hal ini peran dan efektifitas pendidikan agama di madrasah sebagai landasan pengembangan spiritual untuk kesejahteraan masyarakat. Pendidikan Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtodaiyah (MI) sebagai bagian yang yang tak terpisahkan dari pendidikan agama, memang bukan satu-satunya faktor yang menentukan dalam pembentukan watak dan kepribadian peserta didik, akan tetapi secara subtansial mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktekkan nilai-nilai agama sebagaimana terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadits dalam kehidupan sehari-hari.

Mata pelajaran Al-Qur’ah Hadits merupakan unsur mata pelajaran pendidikan agama Islam pada Madrasah Madrasah Ibtodaiyah (MI) yang ditujukan kepada peserta didik untuk memahami Al-Qur’an dan Hadits sebagai sumber ajaran agama Islam dan mengamalkan isi pandangannya sebagai petunjuk dan landasan dalam kehidupan sehari-hari.

Mata Pelajaran Qur’an Hadits adalah bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang memberikan pendidikan untuk memahami dan mengamalkan al-Qur'an sehingga mampu membaca dengan fasih, menerjemahkan, menyimpulkan isi kandungan, menyalin dan menghafal ayat-ayat terpilih serta memahami dan mengamalkan hadits-hadits pilihan sebagai pendalaman dan perluasan bahan kajian dari pelajaran Qur’an Hadits Madrasah Madrasah Ibtodaiyah (MI)  sebagai bekal mengikuti jenjang pendidikan berikutnya.

Pengertian pembelajaran Al-Qur’an Hadits

Mata pelajaran Al Quran hadist adalah salah satu matapelajaran PAI yang menekankan pada kemampuan membaca dan menulis huruf Arab serta hafalan surat-surat pendek yang terkandung di dalam Al Quran dan hadist dengan benar dan tartil (sesuai dengan mahroj dan tajwidnya).

Pengenalan arti atau makna secera sederhana dari surat-surat pendek untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari melalui keteladanan dan pembiasaan.

Tujuan dan fungsi pembelajaran Al-Qur’an hadits

Tujuan adalah suatu yang diharapkan tercapai setelah sesuatu usaha atau kegiatan selesai, tujuan pendidikan bukanlah suatu benda terbentuk tetap dan statis, tetapi merupakan suatu keseluruhan dari kepribadian seseorang dengan seluruh aspek kehidupannya.

Ruang lingkup pelajaran Al Quran hadist antara lain.
  • Pengetahuan dasar tentang membaca dan menulis Al Quran hadis yang benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.
  • Hafalan surat-surat pendek dalam Al Quran hadist dan pemahaman sederhana tentang arti dan makna kandungan dan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Pengenalan dasar membaca dan menulis huruf arab yang terkandung dalam Al Quran dan hadist sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.
  • Pemahaman dan pengalaman melalui keteladanan dan pembiasan mengenai hadist-hadist yang berkaitan dengan keberhasilan, niat, menghormati orang tua, persaudaraan, silaturrahim, takwa, menyayangi anak yatim, salat berjamaah, ciri-ciri orang munafik dan amal salih.

Sebagai gambaran nyata dan niat baik kami untuk membantu materi Pendidikan saat ini, berikut kami bagikan materi RPP Al-Qur’an dan Hadist Kelas 1 Kurikulum 2013 berikut ini;
Download: RPP Qur'an Hadits Pembelajaran 1.doc
Download: RPP Qur'an Hadits Pembelajaran 2.docx
Download: RPP Qur'an Hadits Pembelajaran 3.docx
Download: RPP Qur'an Hadits Pembelajaran 4.doc
Download: RPP Qur'an Hadits Pembelajaran 5.doc
Download: RPP Qur'an Hadits Pembelajaran 6.docx
Download: RPP Qur'an Hadits Pembelajaran 7.docx
Download: RPP Qur'an Hadits Pembelajaran 8.docx
Download: RPP Qur'an Hadits Pembelajaran 9.docx
Download: RPP Qur'an Hadits Pembelajaran 10.doc
Demikian semoga materi yang kami bagikan ini dapat bermanfaat, silahkan setelah mengunduh materi RPP Al-Qur’an dan Hadist Kelas 1 Kurikulum 2013 di sesuaikan dengan situasi dan kondisi riil di satuan Pendidikan bapak dan ibu semuanya.

Materi Terkait lainnya:

Bagikan melalui media apapun yang sesuai apabila materi ini bermanfaat, dan supaya lebih bermanfaat.

Post a Comment for "RPP Al-Qur'an dan Hadist Kelas 1 Kurikulum 2013"