Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Akidah Akhlak Kelas 1 MI Semester 1 dan 2

RPP Akidah Akhlak Kelas 1 MI Semester 1 dan 2

RPP Akidah Akhlak Kelas 1 MI Semester 1 dan 2 - Mata pelajaran aqidah akhlak ini merupakan cabang dari pendidikan Agama Islam, menurut Zakiyah Daradjat pendidikan Agama Islam adalah suatu usaha untuk membina dan mengasuh peserta didik agar senantiasa dapat memahami ajaran Islam secara menyeluruh. Lalu menghayati tujuan yang pada akhirnya dapat mengamalkan serta menjadikan Islam sebagai pandangan hidup.1 Aqidah dilihat dari segi bahasa (etimologi) berarti “ikatan”. 
RPP Akidah Akhlak Kelas 1 MI Semester 1 dan 2
RPP Akidah Akhlak Kelas 1 MI Semester 1 dan 2
Aqidah seseorang, artinya “ikatan seseorang dengan sesuatu”. Kata aqidah berasal dari bahasa arab yaitu aqoda-ya’qudu-aqidatan.

Sedangkan meneurut istilah aqidah yaitu keyakinan atau kepercayaan terhadap sesuatu yang dalam setiap hati seseorang yang membuat hati tenang. Dalam Islam akidah ini kemudian melahirkan iman, menurut Al-Ghozali, sebagai mana dikutip oleh Hamdani Ihsan dan A. Fuad Ihsan, iman adalah mengucapkan dengan lidah mengakui kebenarannya dengan hati dan mengamalkan dengan anggota

Dari pengertian diatas dapat kita ketahui kegunaan akhlak yang pertama adalah berhubungan dengan Iman manusia, sedangkan yang kedua berhubungan dengan ibadah yang merupakan perwujudan dari Iman, apabila dua hal ini terpisah maka, akhlak akan merusak kemurnian jiwa dan kehidupan manusia. Akhlak sangatlah penting bagi kehidupan manusia, pentingnya aqidah akhlak tidak saja bagi manusia dalam statusnya sebagai pribadi, tetapi juga berarti bagi kehidupan keluarga dan masyarakat bahkan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Akhlak adalah mutiara hidup yang membedakan manusia dengan hewan. 

Untuk mengembangkan aqidah akhlak bagi siswa atau remaja diperlukan modofikasi unsur-unsur moral dengan faktor-faktor budaya dimana anak tinggal. Program pengajaran moral seharusnya disesuaikan dengan karakteristik siswa tersebut, yang termasuk unsur moral adalah 1) Penaralan moral, 2) Prasaan, 3) Prilaku moral serta 4) Kepercayaan eksistensial/iman.

Pendidikan Aqidah Akhlak adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati dan mengimani Allah SWT dan meralisasikannya dalam perilaku akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari berdasrkan Al-Qur’an dan Hadits melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan serta penggunaan pengalaman. Dibarengi tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dan hubunganya dengan kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa. 

Peranan dan efektifitas pendidikan agama di madrasah sebagai landasan bagi pengembangan spiritual terhadap kesejahteraan masyarakat harus ditingkatkan, karena jika pendidikan Agam Islam (yang meliputi: Aqidah Akhlak, Qur’an Hadits, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa arab) yang dijadikan landasan pengembangan nilai spiritual dilakukan dengan baik, maka kehidupan masyarakat akan lebih baik. 

Download materi lainnya:

Pendidikan atau mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah sebagai bagian integral dari pendidikan Agam Islam, memang bukan satu-satunya faktor yang menentukan dalam pembentukan watak dan kepribadian siswa. Tetapi secara substansial mata pelajaran pelajaran Aqidah Akhlak memiliki konstribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk memperaktikkan nilai-nilai keyakinan keagamaan (tauhid) dan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu setelah mempelajari materi yang ada didalam mata pelajaran Aqidah Akhlak diharapkan siswa dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dan sebagai salah satu pedoman kehidupannya.

Dari uraian di atas pula dengan kerendahan hati yang amat dalam kami sedikit mengkupas tersebut, namun terdapat pula hal yang tak kalah pentingnya dalam proses pembelajaran adalah administrasi pembelajaran terutama RPP, akhirnya telah kami persiapkan file yang dapat dimanfaatkan oleh kalangan pendidik di Jenjang Madrasah Ibtidaiyah berikut ini:
  1. RPP K13 Akidah Akhlak Kelas 1 Smt 1 KD 1.1. Rukun Iman.docx
  2. RPP K13 Akidah Akhlak Kelas 1 Smt 1 KD 1.2. Dua Kalimat Syahadat.docx
  3. RPP K13 Akidah Akhlak Kelas 1 Smt 1 KD 1.3. Adab belajar bermain, Makan-Minum.docx
  4. RPP K13 Akidah Akhlak Kelas 1 Smt 1 KD 1.4. Ramah-Sopan Santun.docx
  5. RPP K13 Akidah Akhlak Kelas 1 Smt 1 KD 1.5. Akhlak Tercela.docx
  6. RPP K13 Akidah Akhlak Kelas 1 Smt 1 KD 1.6. Adab Mandi-Pakaian.docx
  7. RPP K13 Akidah Akhlak Kelas 1 Smt 2 KD 1.2. Sifat Alloh.docx
  8. RPP K13 Akidah Akhlak Kelas 1 Smt 2 KD 1.2. Kalimat Thoyyibah Basmalah.docx

Demikian penjelasan singkat materi RPP Akidah Akhlak Kelas 1 MI Semester 1 dan 2 semoga membawa manfaat dalam dunia Pendidikan kita.

2 comments for "RPP Akidah Akhlak Kelas 1 MI Semester 1 dan 2"

Cucu sumarnu May 4, 2020 at 5:52 PM Delete Comment
Minta rpp akidah buat Kls 7,8,9 MTs dong
Sugiyanto May 13, 2020 at 8:20 AM Delete Comment
Materi yang kamu butuhkan sudah saya realis, sehingga dapt dilihat di menu label