Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Matematika K13 Kelas 4 5 6 Semester Ganjil

RPP Matematika K13 Kelas 4 5 6 Semester Ganjil

RPP Matematika K13 Kelas 4 5 6 Semester Ganjil - Sahabat pendidik di mana saja berada, Ingat kata pepatah keberhasilan berawal dari sebuah rencana yang tersusun dengan seksama, sehingga akan memperoleh hasil yang maksimal pula. hal tersebut berlaku dalam kegiatan apapun itu namanya.
RPP Matematika K13 Kelas 4 5 6 Semester Ganjil
RPP Matematika K13 Kelas 4 5 6 Semester Ganjil
Apabila hal itu dipadukan dengan latar dan akar masalah sudah barang tentu berhubungan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan prasyarat sebelum seorang pendidik menginjak ruang kelas, yang artinya bahwa RPP disusun pada saat sebelum kegiatan pembelajaran minimal 1 (satu) hari sebelum kegiatan.

Proses Pembelajaran merupakan suatu sistem yang mana untuk pencapaian standar proses untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dimulai dengan merencanakan program pengajaran lebih baik, terperinci dan terencana. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran merupakan salah satu alat penunjang keberhasilan pembelajaran di kelas yang berisi mengenai informasi proses pembelajaran di kelas.

Dalam pelaksanaanya memang kurikulum 2013 telah banyak mengalami revisi, sehingga RPP Kurikulum 2013 pun menjadi sasaran revisi tersebut menyangkut hal;

Mengintegrasikan Penguatan Pendidikan karakter (PPK) dalam pembelajarannya, dan karakter yang diperkuat menyangkut 5 karakter yaitu;
1) Relegius;
2) Nasionalis;
3) Mandiri;
4) gotong Royong; dan
5) Integritas.

Dasar Hukum penyusunan RPP Kurikulum 2013 adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor  22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan  Pendidikan Menengah.

Sedangkan komponen RPP berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, adalah sebagai berikut:

  1. Identitas
  2. Kompetensi Inti/KI
  3. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (KD-IPK)
  4. Tujuan Pembelajaran 
  5. Materi Pembelajaran
  6. Metode Pembelajaran 
  7. Media Pembelajaran
  8. Sumber Belajar
  9. Langkah-langkah Pembelajaran
  10. Penilaian Hasil Belajar
  11. Lampiran-Lampiran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) setelah direvisi dan yang disusun harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya.

Keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.  Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis.

Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah  jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan.

Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
Download juga: Panduan Menyusun Soal HOTS Edisi Tahun 2017
Beberapa penjelasan di atas tujuannya adalah supaya kita sebagai pendidik dapat menselaraskan tujuan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang telah dituangkan dalam berbagai peraturannya. Sebagai kelengkapan silahkan download materi yang kami maksud pada menu di bawah ini.

File Download sebagai berikut:
RPP Matematika K13 Kelas 4 Semester 1
RPP Matematika K13 Kelas 5 Semester 1
RPP Matematika K13 Kelas 6 Semester 1
Demikian semoga materi RPP Matematika K13 Kelas 4 5 6 Semester Ganjil dapat bermanfaat khususnya untuk melengkapi administrasi bapak dan ibu guru dalam proses belajar mengajar di kelasnya. mohon maaf atas segala kekurangan kami. Apabila materi ini bermanfaat silahkan bagikan kepada rekan-rekan yang membutuhkannya.

Post a Comment for "RPP Matematika K13 Kelas 4 5 6 Semester Ganjil"