Manfaat dan Fungsi Buku Teks dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)

Manfaat dan Fungsi Buku Teks dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mewajibkan dengan istilah satu buku satu siswa, sehingga diperlukan penganggaran dana khusus menggunakan anggaran BOS Buku yang biasanya dianggarkan pada dana BOS triwulan II (dua).
Manfaat dan Fungsi Buku Teks dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
Manfaat dan Fungsi Buku Teks dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) 
Buku teks tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Sebagai media dan sumber pembelajaran, buku teks mampu mentransformasikan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai kehidupan yang berkaitan dengan kompetensi dasarnya yang diajarkan. Pemilihan buku teks sangat penting berkaitan dengan kualitas dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku (KTSP).

Buku teks adalah buku pelajaran yang disusun oleh para ahli atau pakar dalam bidangnya untuk menunjang program pengajaran yang telah digariskan oleh pemerintah.

Manfaat buku secara umum antara lain adalah: 
a) meningkatkan perhatian dan motivasi belajar, 
b) memberikan variasi dalam belajar, 
c) memberikan struktur yang memudahkan belajar, 
d) menyajikan inti informasi belajar, 
e) memberikan contoh-contoh yang lebih kongkret, 
f) merangsang berpikir analisis, 
g) memberikan situasi belajar yang tanpa tekanan 

Fungsi dan peranan buku teks itu adalah: 
(a) mencerminkan suatu sudut pandang yang tangguh dan modern mengenai penagjaran serta mendemonstrasikan aplikasinya dalam bahan pengajaran yang disajikan, 
(b) menyajikan suatu sumber pokok masalah yang kaya, mudah dibaca dan bervariasi yang sesuai dengan minat dan kebutuhan para siswa, sebagai dasar bagi program-program kegiatan yang disarankan dimana keterampilan-keterampilan ekspresional diperoleh di bawah kondisi-kondisi yang menyerupai kehidupan yang sebenarnya, 
(c) menyediakan suatu sumber yang tersusun rapi dan bertahap mengenai keterampila-keterampilan ekspresional yang mengemban masalah pokok dalam komunikasi, 
(d) metode da sarana penyajian bahan dalam buku teks harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Misalnya harus menarik, menantang, merangsang, bervariasi sehingga siswa benar-benar termotivasi untuk mempelajari buku teks tersebut, 
(e) menyajikan fiksasi (perasaan yang mendalam) awal yang perlu dan juga sebagai penunjang bagi latihan-latihan dan tugas-tugas praktis, 
(f) di sampin sebagai sumber bahan buku teks juga berperan sebagai sumber atau alat evaluasi dan pengajaran remidial yang serasi dan tepat guna (Green dan Petty dalam Tarigan 1986)
Baca tentang: Buku K13 Pegangan Guru PAI Kelas 1 s.d Kelas 6 SD/MI
Fungsi buku teks bagi guru adalah sebagai pedoman untuk mengidentifikasi apa yang harus diajarkan atau dipelajari oleh siswa, mengetahui urutan penyajian bahan ajar, mengetahui teknik dan metode pengajaranya, memperoleh bahan ajar secara mudah, mdan menggunaknya sebagai alat pembelajaran siswa di dalam atau diluar sekolah (Krisanjaya 1997:85).
Baca lagi: Buku K13 Bahasa Inggris Kelas 1 ssampai Kelas 6
Fungsi buku teks bagi siswa adalah sebagi sarana kepastian tentang apa yang ia pelajari, alat kontrol untuk mengetahui seberapa banyak dan seberapa jauh ia telah menguasai materi pelajaran, alat belajar (di luar kelas buku teks berfungsi sebagai guru) di mana ia dapat menemukan petunjuk, teori, maupun konsep danbahan-bahan latihan atau evaluasi (Krisanjaya 1997:86).

Simpulan

Buku teks merupakan salah satu jenis buku pendidikan. Buku teks adalah buku yang berisi uraian bahan tentang mata pelajaran atau bidang studi tertentu, yang disusun secara sistematis dan telah diseleksi berdasarkan tujuan tertentu, orientasi pembelajaran, dan perkembangan siswa, untuk diasimilasikan.
Baca lengkap: Buku Guru K13 Kelas 1 s/d Kelas 6
Sebagai buku pendidikan, buku teks memainkan peranan penting dalam pembelajaran. Dengan buku teks, program pembelajaran bisa dilaksanakan secara lebih teratur sebab guru sebagai pelaksana pendidikan akan memperoleh pedoman materi yang jelas. Guru dapat mengetahui  materi yang harus diajarkan dan dipelajari siswa.
Baca juga: Buku Guru dan siswa K13 Lengkap semua kelas SD/MI
Dengan membaca buku teks, siswa akan dapat terdorong untuk berpikir dan berbuat yang positif, misalnya memecahkan masalah yang dilontarkan dalam buku teks. Di samping itu, buku teks dapat sebagai alat kontrol untuk mengetahui materi yang dikuasai dan sebagai alat belajar di luar kelas.

Sekian semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Manfaat dan Fungsi Buku Teks dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) "